Persiapan Tahun Pelajaran 2014/2015

Mulai Tahun Pelajaran 2014-2015 Kurikulum 2013 serentak dilaksanakan di seluruh sekolah di Indonesia. Untuk jenjang SMA, kurikulum 2013akan diberlakukan bagi kelas X dan kelas XI. Sedangkan untuk kelas XII masih tetap menggunakan KTSP 2006.
Elemen utama perubahan kurikulum 2013 adalah pada kompetensi lulusan, materi, proses dan penilaian. Berikut ini sedikit penjelasan singkatnya:

  1. Perubahan pada kompetensi lulusan adalah konstruksi holistik, didukung oleh semua materi atau mapel, terintegrasi secara vertical dan horizontal.
  2. Perubahan pada materi dikembangkan berbasis kompetensi  sehingga memenuhi aspek kesesuaian dan kecukupan, serta mengakomodasi konten lokal, nasional maupun internasional.
  3. Perubahan pada proses pembelajaran, mencakup a) berorientasi pada karakteristik kompetensi sikap, keterampilan dan pengetahuan b) menggunakan pendekatan santifik dan c) mengutamakan discovery learning dan Project Based Learning.
  4. Perubahan pada penilaian mencakup berbasis tes dan non tes (portofolio), menilai proses dan output dengan authentic assessment, rapor memuat penilaian kuantitaif tentang pengetahuandan deskripsi kualitatif tentang sikap dan keterampilan
esuai janji saya di postingan terdahulu, kali ini saya uploadkan Silabus dan RPP Matematika SMA Kurikulum 2013 terbaru untuk yang kategori Matematika Wajib dan Matematika Peminatan. Ucapan terima kasih untuk Pak Nurhadi yang telah memberikan hasil pelatihannya di Bogor yang sampai tulisan ini turun acaranya masih belum selesai.
Berikut ini linknya:
11.RPP Matematika Kurikulum 2013 Kelas X SMA (Draft: hasil diklat Guru Inti)

Tulisan saya kali ini tidak akan membahas tentang konsep-konsep pada kurikulum 2013 tetapi lebih menuju ke hal yang bersifat praksis saja yaitu pembuatan RPP.
Mengacu pada Permendikbud No 65/2013, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar.
RPP dikembangkan menyesuaikan dengan silabus dan buku, kondisi di satuan pendidikan, kemampuan awal peserta didik, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
Setiap  guru  di  setiap  satuan  pendidikan  berkewajiban  menyusun RPP untuk  mata pelajaran  yang diampu. Pengembangan  RPP  dapat dilakukan  pada  setiap  awal  semester  atau  awal  tahun  pelajaran, dengan  maksud  agar  RPP  telah  tersedia  terlebih  dahulu  dalam  setiap awal pelaksanaan pembelajaran. Pengembangan RPP dapat dilakukan secara mandiri atau secara berkelompok.
Pengembangan  RPP  yang  dilakukan  oleh  guru  secara  mandiri dan/atau  secara  bersama-sama  melalui  musyawarah  guru mata pelajaran (MGMP) di dalam suatu sekolah  tertentu  difasilitasi  dan disupervisi  kepala  sekolah  atau  guru  senior  yang  ditunjuk  oleh kepala sekolah.
Pengembangan RPP yang dilakukan oleh guru secara berkelompok melalui MGMP antar sekolah atau antar wilayah dikoordinasikan dan disupervisi oleh pengawas atau dinas pendidikan.

Komponen RPP

  • Identitas sekolah, mata pelajaran, kelas,
  • materi pokok
  • Alokasi waktu (merujuk silabus, dapat direkonstruksi sesuai program semester/tahunan)
  • Tujuan pembelajaran, Kompetensi inti dan/atau Kompetensi Dasar –indikator Pencapaian
  • Materi pembelajaran, Metode Pembelajaran
  • Media, Alat, dan Sumber Belajar
  • Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
  • Penilaian

Berikut ini saya uploadkan  RPP Matematika SMA kurikulum 2013 untuk Kelas X dan Kelas XIhasil dari pelatihan instruktur Nasional di PPPPTK Matematika Yogyakarta pada tanggal 5 Mei – 12 Mei 2014 kemarin, sebagai bahan perbandingan untuk bapak ibu guru dalam menyusun RPP. Harapannya dengan melihat RPP hasil pelatihan Instruktur Nasional ini bapak ibu guru bisa membuat RPP yang lebih baik dan kreatif lagi sehingga dapat mencapai tujuan seperti yang diharapkan dalam kurikulum 2013.

RPP Matematika SMA Kelas X Wajib
1. Eksponen bulat positif, negatif dan nol.docx 
1. Eksponen dan Logaritma.docx 
2. Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak.docx 
2. Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak2.docx 
3. Sistem Persamaan Linier.docx 
4. Matriks.docx 
5. Relasi dan Fungsi.docx 
6. Barisan Aritmetika.docx 
7. Menemukan Konsep Fungsi Kuadrat.docx 
7. Persamaan Kuadrat.docx 
8. Trigonometri.docx 
8. Trigonometri2.docx 
9. Geometri.docx 
10. Limit Fungsi.docx 
10. Limit Fungsi2.docx 
11. Penyajian Data.docx 
11. Statistika.docx 
12. Peluang.doc 

RPP Matematika SMA Kelas XI Wajib
1. Program linear.docx 
2a. Fungsi Invers.docx 
2b. Fungsi Komposisi.docx 
3. Determinan dan Invers Matriks.docx 
4. Garis Sejajar.doc 
5. aturan sinus.docx 
6. Deret Tak Hingga.docx 
7. Statistika.docx 
8a. Aturan Perkalian.docx 
8b. Peluang.docx 
9. Lingkaran.docx 
10. Transformasi.docx 
11. Turunan.docx 
12. Integral.docx 

Untuk RPP Matematika SMA Peminatan masih menunggu buku paket diterbitkan. Sampai tulisan ini diturunkan kabar kejelasan buku paket peminatan masih belum ada kepastian.
Maka untuk sementara para guru pengampu matematika peminatan diminta untuk berimprovisasi dengan panduan silabus yang sudah ada.
Demikian postingan tentang RPP Matematika SMA kurikulum 2013 untuk kelas X dan kelas XI. Semoga dengan adanya contoh RPP ini dapat memberikan gambaran tentang cara pembuatan RPP seperti yang diamanatkan di dalam kurikulum 2013 sehingga para guru bisa mengembangkannya sesuai dengan kreatifitas dan kondisi lapangan masing-masing.
Terima kasih sudah berkunjung dan berkenan membaca. Untuk anda yang ingin mengetahui lebih banyak terkait dengan model pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013 bisa melihatnya di sini. Atau anda yang membutuhkan perangkat-perangkat mengajar lainnya sepertisilabus, program tahunan (prota), program semester (promes) dan perhitungan jam efektifbisa mencarinya di sini.

Petunjuk download di google drive.
Semua file yang saya upload saya letakkan di google drive. Untuk mendownloadnya cukup dengan sekali klik pada link yang tercantum di atas lalu “file” dan “download“. Atau, setelah mengklik link di atas anda bisa langsung memencet tombol “ctrl” + “s” pada keyboard. Semoga bermanfaat.

Sumber:http://matematrick.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s