Cerita Motivasi

ITB tidak hanya untuk orang yang pintar/cerdas saja tapi juga untuk yang mau kerja keras

LABEL:  DIPOSKAN OLEH AHMAD SYAMSU RIZAL SENIN, 21 MEI 2012

Masuk ITB susah ya? Tanya adik kelas ke aku. Hmmm…… jawabannya apa ya? Hehe sok gak ngerti saja biar lebih seru. Jadi ITB itu……..

10000 detik kemudian, aku pun menjawab. Beneer banget, ITB susah masuknya. 100 deh buat adikku tadi. Aduh, nih orang nakut-nakutin aja. Semakin takut nih masuk ITB.
Hehe…..slow aja. Itu baru basa basi.
Semoga tulisan kecil ini bermanfaat bagi teman-teman.
Masuk ITB itu memang susah. 100% susah. SUSAH BUAT YANG NGGAK MAU USAHA. SUSAH BUAT YANG GAK MAU SUNGGUH SUNGGUH. Susah apa lagi ya…… SUSAH BUAT YANG GAK MAU BEKERJA KERAS.
Jujur-jujuran nih. Misal ya, ITB hanya untuk orang yang pandai atau orang yang pintar saja. Bakal dipastiin, aku nggak bakalan masuk ITB. Dulu, waktu aku masih SMA, takut banget saat liat logo GAJAH DUDUK. Takut didudukin sama gajahnya.
Apalagi waktu denger-denger pasing gradenya. Tinggi banget tuh. Biasalah, orang yang seperti saya yang biasa-biasa aja di kelas, nggak begitu berprestasi. Nggak masuk 10 besar. nggak masuk kelas unggulan. Yang pertama aku alamin yaitu minder dan pesimis. Bersyukurlah bagi kalian yang masuk kelas unggulan dan masuk peringkat 10 besar, hehe.
Apalagi, aku anak madrasah aliyah, yah tambah pesimis lagi deh. Apalagi saya juga anak pondokan yang bacaannya kitab berwarna kuning yang tulisannya berukuran seperti semut, jadi pesimis kuadrat deh sekarang jadinya.
PESIMIS KUADRAT. Kosa kata baru.
Bagaimana tidak, sepertinya memang begitu. Semua jalan sepertinya udah ketutup. Mau memperbaikin raport udah telat.
Daripada ditolak mentah-mentah lebih baik milih yang pasing gradenya yang nggak tinggi-tinggi. Alternatif konyol dariku.
ITU SEMUA SALAH.
ITB itu UNTUK SEMUA.
Tuhan nggak adil dong kalau yang bisa masuk ITB hanya orang-orang yang pandai saja. Sudah usaha sungguh-sungguh, masak nggak keterima sih.
Kembali ke pesimis kuadrat. Entah mengapa, karena merasa pesimis kuadrat, aku jadi tambah semangat belajar. Ya biasalah orang lagi putus asa pengen nyoba kuliah di ITB tapi kemampuan sepertinya tidak mengizinkan, bahasa kerennya kurang pandai. Berusaha karena nggak bisa.
Aku malah semangat belajar waktu aku sangat pesimis, aneh kan? Ya sebaiknya begitu deh. Seperti kata orang-orang ‘Karena bodoh makanya belajar, kalau udah pinter ya nggak perlu belajar’. Kurang lebih seperti itu.
Belajar, belajar, and belajar. Aku nggak peduli hasilnya kayak apa, yang penting belajar. Inilah tanda-tanda orang yang mengalami putus asa level kuadrat. Khusus buat saya mungkin.
Aku pesimis karena udah nggak bisa di logikain lagi kalau sampai aku bisa masuk ITB.
InsyaAllah, cam kan kalimat ini.
Tuhan akan menghargai usaha kita, sekecil apapun itu. Sebesar biji zarrah/atom pun pasti Tuhan akan membalasnya berkali-kali lipat. Ngutip dari Holy Quran. Dia Maha mengetahui.
Selain itu jangan lupa untuk berdoa, berdoa kepada-NYA, karena Dia-lah Maha mengabulkan doa.
Saat hari-H pengumuman kelulusan USM ITB, jaman dulu soalnya. Sekarang sudah tidak ada. Satu persatu temanku yang juga ikut ujian USM rontok satu per satu hingga tujuh belas kali. Sepertinya aku orang ke 18 yang rontok dan ditendang dari persaingan USM ITB. Sekarang tingkat pesimisku naik, PESIMIS KUADRAT 3. Agak lebay sih, tapi itu memang kenyataannya. Semuanya sudah gugur, tinggal menunggu hitungan detik aku pun gugur.
Orang yang pesimis kuadrat tiga itu pun membaca pengumuman resmi tentang kegugurannya di medan USM.
Krik……krik…..krik…..
Di web usm.itb.ac.id pun muncul tulisan begini.
Anda dinyatakan dapat diterima di program Beasiswa BIDIK MISI, jalur Sains dan Teknik
Untuk dapat melanjutkan pendidikan tinggi di ITB, calon mahasiswa yang bersangkutan harus melakukan konfirmasi kelulusan anda dan harus bersedia mengikuti kegiatan Bridging Program secara penuh selama 6 (enam) minggu, yaitu selama bulan Juni dan Juli 2010 di Bandung. Hasil Bridging Program ini akan menentukan apakah yang bersangkutan dapat diterima di fakultas/sekolah pilihannya atau dialihkan ke fakultas/sekolah yang lain di ITB.
Calon mahasiswa yang bersangkutan diharuskan melakukan konfirmasi kelulusannya dengan mengirimkan formulir konfirmasi terlampir, paling lambat tanggal 14 Mei 2010.
Calon mahasiswa yang telah melaksanakan konfirmasi kelulusannya, diharuskan mengikuti secara penuh kegiatan Briging Program, pada bulan Juni – Juli 2010. Pendaftaran calon peserta Bridging Program akan dilaksanakan pada awal bulan Juni 2010 di Bandung. Tata cara dan Jadwal Pelaksanaan Pendaftaran Peserta Brigding Program ITB 2010 akan disampaikan setelah tanggal 14 Mei 2010.
Keputus-asaan yang dibumbui dengan kerja keras itupun kemudian berbuah manis. Ketakutan/ keputus-asaan itu berubah/dikoversi menjadi bahan bakar untuk meluncur bak roket akan meluncur menggapai indahnya bulan yang melayang dilangit.
Sebenarnya aku yakin bahwa semua orang itu punya kemampuan tak terbatas, tapi mungkin sebagian orang itu belum tahu akan kekuatan itu. Kekuatan yang tersembunyi.
Kelemahan kita tak selalu merugikan, tapi dialah yang akan menghidupkan dan mengkatalisis kekuatan super dahsyat itu keluar dari tubuh kita. Semoga kalian mengerti akan kekuatan kerja keras. Semangat kawan, ITB in your hand.
JANGAN TAKUT MASUK ITB
2 years later
Aku pun masuk kampus ITB. Masuk lewat gerbang depan pastinya.
2
Bukan yang ini,
Aku nggak sabar pengen ketemu orang itb itu seperti apa.<Belum nyadar kalau sudah diterima di ITB>
Ternyata and ternyata, gak semua anak ITB itu pandai dan cerdas. Buktinya nggak perlu nyari jauh-jauh, saya buktinya. Beneran loh. Soalnya berkali-kali ikut ujian perbaikan.
Setelah kuliah di ITB dan kenal orang-orang di jurusan saya. Ternyata ada juga yang seperti saya. Tapi dan ternyatanya juga mereka yang sejenis-sejenis aku ini kuat loh belajar sampai jam 3 malem belajarnya. Fenomena lazim saat besoknya bakalan ada ujian atau kuis. Apalagi yang sudah ‘dewo’ otaknya. Dia juga nggak mau kalah sama yang sejenis2 saya, yang nggak begitu hebat. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa ITB tidak hanya untuk orang yang pintar/cerdas saja tapi juga untuk yang mau kerja keras.
Jangan takut masuk ITB
nb : maaf kalau tulisannya jelek dan banyak salah, jika ingin berkomentar silakan untuk berkomentar di bawah ini. kalau punya saran, juga disini aja. jika punya pertanyaan insyaAllah saya jawab sebaik mungkin
thank to All.
Ahmad Syamsu Rizal for Indonesia
Cerita cerita lainnya yang sejenis :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s