Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013

Pada Kurikulum 2006 atau disebut KTSP, kompetensi dijabarkan dalam Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SKKD). Untuk kurikulum 2013, kompetensi siswa dijabarkan dalam Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KIKD). Pada KTSP, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar menjadi patokan dalam penyusunan Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Sementara pada Kurikulum 2013, Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar justru menjadi operasionalisasi dari Standar Kompetensi Lulusan. Dengan kata lain, pada Kurikulum 2013, SKL ditentukan terlebih dahulu, kemudian dijabarkan dalam KIKD.

 Kompetensi Inti dirancang dalam empat kelompok yang saling terkait, yaitu berkenaan dengan sikap keagamaan (kompetensi inti 1), sikap sosial (kompetensi inti 2), pengetahuan (kompetensi inti 3), dan penerapan pengetahuan (kompetensi 4). Keempat kelompok itu menjadi acuan dari Kompetensi Dasar dan harus dikembangkan dalam setiap peristiwa pembelajaran secara integratif. Kompetensi yang berkenaan dengan sikap keagamaan dan sosial dikembangkan secara tidak langsung (indirect teaching) yaitu pada waktu peserta didik belajar tentang pengetahuan (kompetensi kelompok 3) dan penerapan pengetahuan (kompetensi inti kelompok 4).

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat mempelajari sendiri KIKD untuk tingkat   SMA/MA. Silahkan download dari link berikut.

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar SMA/MA

Keinginan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menerapkan kurikulum baru di tahun ajaran 2013/1014 sepertinya sudah tidak bisa ditunda lagi. Meskipun banyak kritik tentang kurikulum 2013 dari para pemerhati pendidikan atau para guru, namun pihak Kemendikbud sepertinya sudah bertekad menjalankan kurikulum baru mulai tahun ini.

Setelah melakukan sosialisasi selama beberapa bulan, akhirnya Kemendikbud mengeluarkan desain induk Kurikulum 2013. Desain induk ini berisi:

A. Struktur Kurikulum

B. Penulisan Buku

C. Pemilihan Sekolah (Jumlah Sekolah, Guru, Murid)

D. Penggandaan Buku

E. Penyiapan Guru

Mari kita lihat bersama apakah desain Kurikulum 2013 ini dapat menjawab tantangan pendidikan di masa mendatang.

Untuk memperoleh Desain Kurikulum 2013 tersebut, silahkan download DI SINI.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s