Sosialisasi Program Pendampingan Implementasi Kurikulum 20013 Cluster SMA Negeri 5 Bekasi

Gambar

Sosialisasi Program Pendampingan Implementasi Kurikulum 20013 Cluster SMA Negeri 5 Bekasi, dilaksanakan pada hari Sabtu, 14 September 2014  dengan pemaparan utama oleh Dr.Herry Widyastono, APU diikuti 11 SMA anggota cluster . Dalam pemaparannya Tugas pengelola sekolah dalam pengelolaan kurikulum yaitu mengarahkan satuan pendidikan yang dipimpinnya untuk merumuskan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa untuk  mencapai tujuan pendidikan nasional, daerah, dan satuan pendidikan serta sesuai dengan kondisi,  potensi, dan kebutuhan peserta didik. Dalam menjalankan tugasnya, teknik yang termudah bagi guru adalah mengadopsi habis kurikulum yang telah dirumuskan pemerintah. Guru yang gemar menghadapi tantangan akan mengintegrasikan kurikulum nasional  dengan kebutuhan khas sekolahnya.

Bisa jadi kebutuhan khas sekolah  tidak banyak mengubah menu kurikulum nasional. Yang diperlukannya hanya ingin mengadaptasi sedikit saja  dengan kepentingan sekolahnya dalam program muatan lokal, atau hendak mengembangkan keunggulan melalui kegiatan esktra kurikuler, bahkan sampai pada menambah jam pelajaran dari menu standar. Semua contoh itu mengingatkan kita bahwa sekolah perlu merancang kurikulum untuk memenuhi kebutuhan khasnya.

Dengan adanya perubahan dari kurikulum 2006 ke kurikulum 2013 membawa konsekuensi pada perubahan dokumen pedoman pengelolaan kurikulum yang dulu disebut dokumen satu ktsp.  Dokumen itu perlu diadaptasi sehingga memenuhi kebutuhan pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan.

Di bawah ini model struktur dokumen Model Struktur Pedoman Pengelolaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (4)yang dikembangkan berdasarkan model dokumen satu KTSP.

Semoga bermanfaat.

Artikel lain:

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s