Petunjuk Teknis Pengembangan Perangkat Penilaian

Berdasarkan hasil supervisi dan evaluasi keterlaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang dilaksanakan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas(SMA), masih banyak ditemukan permasalahan dalam penilaian hasil belajar peserta didik . Penilaian yang dilakukan oleh guru ternyata belum sepenuhnya menggambarkan tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Beberapa kelemahan guru dalam melaksanakan penilaian antara lain: 1) tidak membuat kisi-kisi dalam pengembangan butir soal , 2) soal tidak mengikuti kaidah-kaidah penulisan soal yang baik dan benar/kartu soal belum dibuat , 3) belum membuat soal secara mandiri (hanya mencontoh, menyalin contoh-contoh soal dari guru lain atau dari buku Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dijual di pasaran), dan 4) tidak melakukan analisis butir soal, sehingga tidak mengetahui indikator -KD mana yang belum mampu dicapai oleh peserta didik. Kondisi tersebut di atas antara lain disebabkan karena guru belum memahami dan belum mengembangkan soal, dan menganalisis butir soal sesuai dengan prinsip, mekanisme, dan prosedur penilaian sebagaimana diuraikan di atas Berkaitan dengan permasalahan tersebut, Direktorat Pembinaan SMA menyusun dan menerbitkan “Petunjuk Teknis Pengembangan Perangkat Penilaian ” yang diharapkan bermanfaat bagi guru dan satuan pendidikan dalam proses penyiapan perangkat penilaian silahkan klik disini juknisnya

Bapak /ibu guru  dapat membuat kartu soal dengan menggunakan cetak gabung/mail-merge seperti pembuatan LHB silahkan download kartu soal  dan  data-kartu soal selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s